www.kopiluwakindonesia.co.id
Peluang Bisnis

hotnews2

Harga Kopi Luwak
Bubuk Arabika 10gr
Rp 20.000,-/Sachet.

Bubuk Arabika 100gr
(10 Sachet x 10gr)
Rp 150.000,-

Bubuk Arabika Gold 250gr
Rp 375.000,-

Bubuk Robusta 10gr
Rp 15.000,-/Sachet

Bubuk Robusta 100gr
(10 Sachet x 10gr)
Rp 125.000,-
Hubungi Kami

Jl. Raya Barat No.97
Cicalengka - Bandung


Phone:
022 7948258
08170077298
085224240708
+6281223620333 (english)
Detail

Media
Yang meliput kami:
SCTV logo trans 7_resize Trans TV tvri_resize esa-tv-bengkulu_resize cctv china_resize koran_pikiran-rakyat_resize logo-koran-kontan_resize Majalah Breads

Aroma kopi dan Citarasa kopi begitu di cari oleh para pecandu kopi di dunia, siapa saja berani membeli kopi dengan harga yang lebih mahal pasti mencari Aroma dan Rasa kopi yang tidak sama dari kopi biasanya. Tapi apakah kita tau bagaimana cara mengolah kopi sampai menimbulkan Aroma yang begitu wangi dan mempunyai rasa yang begitu mantap? pemain kopi awam dan petani kopi mungkin tidak begitu memikirkan tentang hal itu tetapi bila kita mau menjadi pengusaha kopi yang sukses hal ini menjadi kendala utama, resep masakan berbagai macam sayur mungkin bisa kita dapat dengan mudah tetapi resep membuat kopi yang nikmat dan beraroma kuat mungkin harus kita yang mengolahnya sendiri.

Di sini saya ingin sedikit membahas awal mula kopi dari mulai di panen hingga di proses menjadi kopi yang siap seduh. Mungkin anda sudah banyak membaca dan menulisnya di internet bahkan mungkin teman teman sudah mempunyai formula sendiri sehingga kopi produksinya menjadi kopi yang beraroma kuat dan mantap, tetapi saya akan mengulasnya sedikit saja di sini dan ini pun saya rangkum dari berbagai sumber.

Di Indonesia ada beberapa jenis kopi yang di tanam oleh para petani kopi tapi pada umumnya mereka lebih memilih kopi jenis Arabika dan Robusta karena mempunyai pasar yang lebih bagus, cara memanen kopi Arabika dan Robusta berbeda kalau Arabika buah yang telah masak betul akan jatuh dengan sendirinya sedangkan Robusta harus di petik. Arabika tidak mempunyai musim panen tetapi Robusta dalam setiap tahun 5 bulan musim panen yang biasanya jatuh antara bulan april sampai bulan september.

Cara pengolahan hasil panenpun beraneka ragam antar daerah satu dengan daerah yang lain mempunyai perbedaan, tapi pada umumnya bila kita ingin memiliki kopi yang mempunyai Aroma dan citarasa yang mantap kita harus memilih buah kopi yang benar benar sudah masak. Buah kopi yang telah masak bisa kita lihat dari warna buahnya yang telah berwarna merah kehitaman, kopi yang telah masak betul lebih mudah di proses dari pada kopi yang belum masak hal ini bisa di lihat dari kulit buah kopi yang mudah di kupas bila buah kopi tersebut telah masak betul.

Buah kopi yang telah masak sekali akan di proses dengan berbagai macam cara yang intinya mencari biji kopi terbaik yang memiliki aroma yang kuat dan citarasa yang mantap bila telah di proses selesai, pemerosesan buah kopi ini ada berbagai macam cara dari buah kopi di rendam sambil di giling menggunakan mesin atau buah kopi di rendam sampai daging buah terpisah dengan biji kopi dan terakhir ada yang langsung menjemurnya sampai kering. Semua ini bertujuan membuat biji kopi yang menpunyai kadar air hanya 12% sampai 10%, Kopi yang memiliki kadar air yang rendah dan di proses dengan baik akan menjadi biji kopi yang memiliki kwalitas bagus atau best green beans coffee.

Setelah kita mendapatkan biji kopi dengan kwalitas terbaik sekarang kita harus menggorengnya atau Roasted, biji kopi yang telah siap di goreng sebelumnya di olah dahulu dengan di cuci ulang dan di biarkan sampai air cucian mengering dari biji kopi. Setelah itu kopi siap di goreng, sistem goreng pun ada berbagai macam cara mulai dari cara tradisional sampai menggunakan mesin. Menggoreng biji kopi membutuhkan api yang cukup besar karena biji kopi harus di goreng dengan suhu 180 derajat sampai 210 derajat dengan waktu dari 1,5 jam sampai 2,5 jam.

Menggoreng kopi bisa menghasilkan 3 macam hasil kopi yang kita inginkan, Mulai dari light ( Ringan ), Medium ( Sedang ) dan Dark ( Gelap ), setiap macam hasil gorengan di atas akan menimbulkan aroma dan citarasa yang berbeda tetapi yang paling sering di gunakan untuk umum adalah medium roasted. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam menggoreng biji kopi tidak bisa kita lakukan hanya berdasarkan perasaan ataupun tebakan akan tetapi kita harus terus melakukannya dari waktu ke waktu sampai kita memiliki satu formula yang menurut kita terbaik dari segi citarasa dan aroma.

Perusahaan kopi besar pada umunya mereka telah memiliki formula yang standar dan mereka tidak hanya menggunakan satu jenis kopi tetapi mengoplosnya dengan berbagai jenis kopi. Chenung kopi Robusta adalah perusahaan home industri yang berani menggunakan kopi pilihan terbaik dengan 100% buah kopi yang telah masak berwarna merah tua tanpa di campuran dengan jenis kopi lain, chenung kopi robusta mempunyai karakte citarasa dan aroma kopi yang mantap dan jarang anda ketemukan di kopi merk lainnya.

Setelah proses penggorengan selesai kita harus mendiamkan biji kopi yang telah kita goreng sampai suhu biji kopi tersebut tidak terlalu panas lagi, proses selanjutnya ialah biji kopi yang telah kita goreng harus kita giling atau grinder sampai halus, ada beberapa cara memproses biji kopi sampai halus dari cara tradisional dengan di tumbuk sampai halus atau kita bisa memblendernya hinggah halus, hasil giling kopi pun berbagai macam tergantung mesin apa yang kita pakai mulai dari yang kasar sampai halus sekali.

Setelah proses penggilingan selesai maka kita selanjutnya menyimpan kopi hasil giling tadi dengan baik supaya citarasa dan aroma kopi tetap terjaga. Dari semua Proses di atas ini bila kita melakukannya dengan benar maka kita akan menikmati kopi dengan Aroma dan Citarasa yang mantap.
Salam ngopi selalu, makin kental makin nikmat rasanya